Melayani Jasa Pembuatan Tesis Dan Skripsi Professional Terpercaya | HP 0852.2588.7747
HP CS Kami 085225887747 (WhatApp) email:idtesis@gmail.com

Aspek Sosial Budaya Masyarakat Pinggiran dalam Novel Rumah Tanpa Jendela

Judul Tesis : Aspek Sosial Budaya Masyarakat Pinggiran dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia (Kajian Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan)

 

A. Latar Belakang

Faktor sosial budaya dan latar belakang berisi alasan yang melatarbelakangi pengarang untuk menulis novel ini perlu dikaji lebih mendalam. Selain hal tersebut, berbagai macam aspek sosial yang digambarkan dalam novel ini juga perlu dikaji lebih dalam untuk mengetahui kesesuaian dengan realitas kehidupan yang ada dalam masyarakat, sekaligus pengaruh yang didapatkan pembaca melalui novel ini mengenai pandangan hidup dan perubahan yang bisa didapatkan setelah membaca novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia ini. Pembaca juga perlu mengetahui berbagai macam nilai pendidikan yang ada di dalamnya sebagai amanat yang disampaikaan penulis terhadap masyarakat.

Adapun alasan penulis memilih novel RTJ adalah sebagai berikut. Pertama, novel ini novel baru yang diterbitkan pada tahun 2011 dan segera difilmkan setelah penerbitannya. Kedua, sepengetahuan penulis belum ada yang meneliti karya tersebut. Ketiga, novel ini mengangkat realitas sosial yang terjadi pada masyarakat Indonesia, utamanya masyarakat yang tinggal di pinggiran Jakarta. Keempat, novel RTJ ini memiliki sarat nilai pendidikan yang sangat diperlukan untuk pembentukan karakter anak didik di sekolah seperti nilai agama, soial, dan moral. Dalam perkembangannya, novel ini telah difilmkan dan 100% hasil dari penjualan tiket bioskopnya ditujukan untuk misi sosial kemanusiaan bagi anak-anak Indonesia yang membutuhkan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana latar belakang sosial pengarang novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia?
  2. Bagaimana aspek sosial budaya masyarakat pinggiran yang ada dalam novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia?
  3. Bagaimana pengaruh sosial novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia terhadap masyarakat?
  4. Bagaimana nilai pendidikan novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan Umum

untuk mendeskripsikan aspek sosial budaya dalam novel RTJ berdasarkan teori sosiologi sastra. Selain itu juga mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan yang ada dalam novel tersebut.

Tujuan Khusus

Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah

  1. Untuk mendeskripsikan latar belakang sosial pengarang novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia;
  2. Untuk mendeskripsikan aspek sosial budaya masyarakat pinggiran yang ada dalam novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia;
  3. Untuk mendeskripsikan pengaruh sosial novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia terhadap masyarakat;
  4. Untuk mendeskripsikan nilai edukatif yang terdapat dalam Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia.

 

D. Simpulan

1. Latar Belakang Sosial Pengarang Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia

Dekatnya pergaulan Asma dengan pendidikan anak-anak kurang mampu memberikan inspirasi bagi dirinya untuk menulis novel RTJ ini. Selain itu juga pengalamannya yang pernah mendalami kehidupan masyarakat pinggiran Jakarta, membuatnya menjatuhkan pilihan pada perkampungan kumuh Menteng Pulo sebagai latar cerita.

2. Aspek Sosial Budaya dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia

Masyarakat akan lebih dapat masuk ke dalam novel karena setidaknya ada penggambaran dasar dari lingkungan sekitarnya. Aspek sosial budaya yang ditampilkan dalam novel dapat dilihat dari segi pendidikan, pekerjaan, bahasa, tempat tinggal, kebiasaan, dan cara pandang masyarakat terhadap perspektif kehidupan.

3. Pengaruh Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia terhadap Masyarakat

Novel ini memberikan pemahaman baru pada masyarakat bahwa dari golongan masyarakat yang demikianpun kita semua bisa belajar banyak tentang kehidupan untuk menjadi lebih bijak.

4. Nilai Pendidikan dalam Novel Rumah Tanpa Jendela Karya Asma Nadia

Nilai pendidikan dari sebuah cerita bisa dilihat dari hal-hal yang bersifat positif maupun negatif. Kedua hal tersebut perlu disampaikan agar kita dapat memperoleh banyak teladan yang bermanfaat. Nilai pendidikan tersebut terdiri dari nilai pendidikan agama, nilai pendidikan moral, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.