Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Aspek Sosial Budaya Belitung dalam Novel Dwilogi Padang Bulan

Judul Tesis : Aspek Sosial Budaya Belitung dalam Novel Dwilogi Padang Bulan Karya Andrea Hirata (Pendekatan Sosiologi Sastra dan Nilai Pendidikan)

 

A. Latar Belakang

Kultur masyarakat Melayu sebagai salah satu fenomena sosial yang dipaparkan secara jujur dalam novel Cinta di dalam Gelas merupakan hal yang menarik yang diungkapkan dalam novel kedua Dwilogi Padang Bulan ini, kisah perjuangan hidup Enong lebih lengkap dituangkan dalam novel Cinta di Dalam Gelas yang merupakan kelanjutan dari kisah perjuangan Enong dalam Novel Padang Bulan.

Novel Cinta di dalam Gelas menampilkan kisah catur dan kebiasaan-kebiasaan unik orang Melayu kampung yakni gemar berkumpul, berinteraksi, dan bersosialisasi sambil minum kopi di warung. Salah satunya adalah warung kopi, berbagai kebiasaan, sifat, dan gaya hidup orang Melayu di sekitarnya dituturkan lewat secangkir kopi. Melalui riset sosial dan cultural, serta watak manusia dalam hubungannya yang dilakukan sendiri oleh Andrea Hirata. Riset tentang catur. Namun, novel ini sesungguhnya bukanlah tentang catur melainkan bagaimana seorang perempuan menegakkan martabatnya dengan cara yang elegan, tentang perspektif politik kaum marginal, dan tentang falsafah pendidikan yang dianut perempuan itu (Enong). “Berikan aku sesuatu yang paling sulit, aku akan belajar,” kata perempuan yang bahkan tidak tamat SD itu.Belajar adalah sikap berani menantang segala ketidakmungkinan.Oleh karena itu, fokus pengkajian dalam penelitian ini adalah sosiologi sastra, yakni kajian ilmiah tentang sejauh mana novel Dwilogi Padang Bulan dapat mengungkapkan kebenaran latar sosial budaya masyarakatnya yang menjadi fokus dalam peneilitian ini.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah aspek sosial budaya Belitung yang terungkap dalam novel Dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata?
  2. Apa sajakah nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata.

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan :

  1. Aspek sosial budaya masyarakat Belitung yang terungkap dalam novel Dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata.
  2. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata.

 

D. Simpulan

1. Sistem religi Islam merupakan agama yang paling dominan dianut oleh masyarakat Belitung, yakni suatu kepercayaan hanya kepada satu tuhan adalah Allah SWT.

2. Sistem pengetahuan masyarakat Belitung meliputi

  • pengetahuan tentang musim
  • pengetahuan tentang pendidikan formal
  • pengetahuan tentang kesehatan
  • sistem bahasa masyarakat yang terungkap dalam novel adalah bahasa Melayu, yang sekarang menjadi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia.
  • sistem kesenian meliputi seni

3. Nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam novel Dwilogi Padang Bulan

  • Nilai spiritual yang mencakup nilai:nilai agama yang mengatur penganutnya
  • Nilai ajaran hidup yang terungkap

4. Nilai sosial dalam novel dapat pula dijadikan media pembelajaran sosiologi.

 

E. Saran-saran

Bagi Guru

Guru mampu menjadi agen informasi sosial budaya kepada anak didik melalui memberikan bacaan yang berlatar Belitung.

Bagi Siswa

Diharapkan dapat memilih bahan bacaan yang bermutu dan dapat memberikan informasi budaya secara tepat, cepat, dan detail.

Bagi Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Bangka Belitung Dengan cara melakukan lomba-lomba menulis cerpen atau novel yang berlatar Belitung.

 

 

Incoming search terms: