Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Wacana Lisan Interaksi Guru dan Siswa di Kelas

Judul Skripsi : Analisis Wacana Lisan Interaksi Guru dan Siswa di Kelas (Studi Kasus Pemakaian Bahasa di SMA Negeri 3 Sragen dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, dan Sosiologi)

A. Latar Belakang Masalah 

Proses komunikasi atau pemakaian bahasa dalam interaksi antara guru dan siswa di kelas banyak kejadian yang menarik untuk diteliti. Peristiwa tutur yang terjadi pada interaksi guru dan siswa di dalam kelas adalah pemakaian bahasa baik yang bersifat interaksional ataupun bersifat transaksional. Hal ini berkaitan dengan pemakaian bahasa guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Sebaliknya pemakaian bahasa siswa saat merespons guru dalam menyampaikan pelajaran. Disamping itu pemakaian bahasa interaksi siswa satu dengan siswa yang lain di dalam kelas.

Dari uraian mengenai latar belakang masalah tersebut, penelitian akan mengkaji masalah struktur percakapan interaksi antara guru dan siswa dalam kelas, fungsi bahasa dalam interaksi guru dan siswa dalam kelas, dan partikel dalam wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam kelas.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah struktur wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar?
  2. Bagaimanakah fungsi bahasa dalam wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar?
  3. Bagaimanakah partikel dalam wacana lisan dalam interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada proses belajar mengajar?
  4. Bagaimanakah alih kode dan campur kode dalam wacana lisan dalam interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan struktur wacana lisan guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar .
  2. Mendeskripsikan dan menjelaskan fungsi bahasa dalam wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar .
  3. Mendeskripsikan dan menjelaskan partikel dalam wacana lisan dalam interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar.
  4. Mendeskripsikan dan menjelaskan alih kode dan campur kode dalam wacana lisan dalam interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen pada waktu proses belajar mengajar.

 

E. Simpulan

a. Struktur wacana lisan interaksi guru dan siswa di kelas SMA Negeri 3 Sragen yang didasarkan pada analisis yang dikemukakan Sinclair dan Coulthrad yaitu:

  1. Pertukaran atau pergantian antara penutur dan petutur teratur.
  2. Guru dalam kelas saat interaksi belajar mengajar lebih dominan dibandingkan dengan siswa.
  3. Guru berbicara pada semua bentuk tindak tutur, terutama pada tindak tutur informatif (invormative), elisitasi (elicitation), dan komentar (coment).
  4. Pola komunikasi cenderung satu arah.
  5. Interaksi guru dan siswa di kelas menunjukan pola guru membuka dengan ucapan salam kemudian dijawab siswa

b. Fungsi bahasa pada wacana lisan interaksi guru dan siswa di kelas SMA Negeri 3 sragen , didasarkan teori Halliday.

c. Partikel dalam wacana lisan interaksi guru dan siswa di kelas berfungsi untukmengorganisasi percakapan, terutama saat pertukaran bicara.

d. Peristiwa alih kode dan campur kode terjadi pada wacana lisan interaksi guru dan siswa dalam kelas di SMA Negeri 3 Sragen.

 

Incoming search terms: