Analisis Tekstual Rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos

Judul Skripsi : Analisis Tekstual Rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos Edisi Juni – Agustus 2011  dan Relevansinya dengan Pembelajaran Bahasa Jawa  di Sekolah

 

A. Latar Belakang Masalah

Dipilihnya rubrik “Jagad Sastra” ini sebagai bahan penelitian karena beberapa alasan. Pertama, secara substansial objek kajian dengan judul ini belum pernah diteliti, sehingga memungkinkan peneliti untuk menganalisinya. Selain itu, dari rubrik yang akan diteliti meskipun sudah hadir lama untuk melayani kebutuhan masyarakatnya, tetapi belum/tidak banyak orang yang mengetahui maupun memahaminya. Oleh karenanya, peneliti mencoba memberikan sebuah temuan dari hasil analisis nantinya, sehingga kebutuhan para pembaca akan keutuhan makna dari rubrik tersebut dapat diperoleh.Alasan lain dipilihnya rubrik ini untuk diteliti karena muatan isinya yang beragam dari beberapa edisi yang terbit, sehingga dimungkinkan isi dari rubrik ini akan dapat memberikan salah satu kontribusi nyata sebagai bahan pembelajaran bahasa Jawa pada khususnya dan sebagai salah satu dari sekian banyak cakrawala pengetahuan mengenai budaya Jawa. Rubrik yang dijadikan sebagai objek dalam

penelitian ini terdiri atas 12 edisi yang terhitung mulai hari Kamis minggu pertama bulan Juni 2011 (tanggal 9) hingga hari Kamis minggu keempat bulan Agustus 2011 (tanggal 25). Rubrik yang hadir setiap hari Kamis ini memuat lima kolom yang berisi artikel, cerita pendek, resensi buku, macapat, dan geguritan. Tema yang diangkat beragam dari satu edisi ke edisi yang lain. Ragam bahasa yang digunakan dalam rubrik ini ada dua yaitu ragam ngoko dan ragam krama. Dari dua ragam inilah yang menambah menarik perhatian peneliti untuk mengkajinya.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah bentuk kohesi gramatikal rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos edisi Juni – Agustus 2011?
  2. Bagaimanakah bentuk kohesi leksikal rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos edisi Juni – Agustus 2011?
  3. Bagaimanakah relevansi rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kohesi gramatikal rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos edisi Juni – Agustus 2011.
  2. Mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk kohesi leksikal rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos edisi Juni – Agustus 2011.
  3. Mendeskripsikan dan menjelaskan relevansi rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” di Harian Solopos dalam pembelajaran bahasa Jawa di sekolah.

 

D. Simpulan

1. Dari kedua aspek yang diteliti ini diperoleh hasil bahwa rubrik yang dikaji banyak memanfaatkan peranti wacana yang berupa aspek gramatikal dan leksikal. Terdapat dua bagian dari aspek gramatikal yang sangat mendominasi rubrik tersebut, yaitu referensi persona dan konjungsi yang hampir secara keseluruhan wacana yang diteliti menggunakannya.

2. Secara leksikal, penelitian ini menemukan beberapa peranti wacana yang termasuk di dalam aspek leksikal tersebut, antara lain repetisi, sinonimi, antonimi, kolokasi, hiponimi, dan ekuivalensi. Dari ke enam aspek ini yang paling mendominasi kemunculannya adalah repetisi.

3. Relevansi dengan pembelajaran bahasa Jawa, Rubrik “Jagad Sastra” pada “Jagad Jawa” yang terdapat di Harian Solopos ini dapat digunakan sebagai bahan untuk materi pembelajaran bahasa Jawa di sekolah (SMA) kelas X, XI semester satu dan dua, serta kelas XII pada semester I.