Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Struktur Perkerasan Jalan di Atas Tanah Ekspansif

Judul Skripsi : Analisis Struktur Perkerasan Jalan di Atas Tanah Ekspansif (Studi Kasus : Ruas Jalan Purwodadi-Blora)

 

A. Latar Belakang Masalah

Analisis struktur perkerasan jalan dengan program SAP-2000 (Program Analisa Struktur) dan program Sheel Bitumen (BISAR 3.0) digunakan untuk menganalisa struktur perkerasan jalan yang menghasilkan keluaran besaran gaya-gaya dalam, tegangan, regangan, dan lendutan dari struktur perkerasan jalan sehingga dapat dijadikan pertimbangan dalam melakukan pemilihan alternatif desain perbaikan struktur perkerasan jalan yang paling tepat diterapkan untuk kegiatan pemeliharaan dan rehabilitasi pekerjaan perbaikan kerusakan jalan pada ruas Purwodadi-Blora.

Topik dalam tesis ini adalah membahas tentang “Analisis Struktur Perkerasan Jalan di Atas Tanah Ekspansif” (Studi Kasus : Ruas Jalan Purwodadi-Blora). Hasil analisis struktur perkerasan lentur dan perkerasan kaku yang ditinjau berupa besaran momen, tegangan, dan lendutan. Nilai-nilai besaran tersebut merupakan hasil dari perhitungan analisis struktur perkerasan jalan dengan menggunakan SAP-2000 dan BISAR 3.0. Hasil evaluasi analisis struktur desain perbaikan perkerasan dipakai sebagai dasar pertimbangan untuk menentukan pilihan desain perbaikan perkerasan jalan yang paling tepat diterapkan pada ruas jalan Purwodadi-Blora.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah karakteristik tanah dasar (subgrade) jalan pada ruas jalan Purwodadi-Blora?
  2. Bagaimanakah analisis struktur desain perbaikan perkerasan jalan pada ruas jalan Purwodadi-Blora dengan program BISAR 3.0 dan SAP-2000?
  3. Bagaimanakah evaluasi hasil analisis struktur desain perbaikan perkerasan jalan pada ruas jalan Purwodadi-Blora berdasarkan output program BISAR 3.0 dan SAP-2000?
  4. Bagaimanakah alternatif desain perbaikan perkerasan jalan pada ruas jalan Purwodadi-Blora berdasarkan hasil evaluasi analisis struktur desain perbaikan perkerasan jalan dengan program BISAR 3.0 dan SAP-2000?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Identifikasi karakteristik tanah dasar (subgrade) jalan pada ruas jalan Purwodadi-Blora.
  2. Analisis struktur desain perbaikan perkerasan jalan pada ruas jalan Purwodadi- Blora menggunakan program BISAR 3.0 dengan SAP-2000.
  3. Evaluasi hasil analisis struktur desain perbaikan perkerasan jalan pada ruas jalan Purwodadi-Blora berdasarkan output BISAR 3.0 dan SAP-2000.
  4. Memilih desain perbaikan perkerasan jalan yang paling tepat diterapkan pada ruas jalan Purwodadi-Blora dari dua desain perbaikan perkerasan jalan yaitu struktur perkerasan lentur dan struktur perkerasan kaku yang dianalisis menggunakan program BISAR 3.0 dan SAP-2000.

 

D. Kesimpulan

1. Potensi pengembangan dan tingkat aktifitas tanah dasar masuk dalam kategori tinggi sampai sangat tinggi.

2. Perkerasan kaku memiliki stabilitas dan daya dukung lebih baik daripada perkerasan lentur.

3. Desain struktur perkerasan lentur dan struktur perkerasan kaku dianggap layak sebagai desain perbaikan perkerasan pada kegiatan rehabilitasi dan pemeliharaan ruas jalan Purwodadi-Blora karena mampu meredam tekanan mengembang tanah dasarnya serta tegangan dan lendutan maksimal yang terjadi dibawah kedua struktur perkerasan tersebut tidak melampaui batas tegangan dan lendutan ijinnya (tegangan maksimal 0,35 Kg/cm2 < 5,30 Kg/cm2 dan lendutan maksimal 0,17 cm < 2,50 cm).

4. Perkerasan kaku memenuhi persyaratan teknis yaitu momen yang relatif kecil pada dasar perkerasan, daya dukung yang besar, lendutan yang kecil, distribusi tegangan dan distribusi lendutan yang merata serta kemampuan dalam meredam tekanan pengembangan tanah dasar yang besar.