Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Stilistika Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Judul Skripsi : Analisis Stilistika Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

 

A. Latar Belakang Masalah

Telah linguistik pada sebuah karya maksudnya bukanlah melakukan telaah sastra secara menyeluruh seperti halnya kajian sastra, tetapi penelitian ini lebih difokuskan pada telaah linguistik terhadap karya sastra dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penelitian ini akan mengkaji aspek kebahasaan yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Penelitian ini terutama diprioritaskan pada segi-segi kebahasaan yang paling penting peranannya yang ikut menentukan wujud ekspresivitas daya pengungkapan. Juga dipusatkan pada pemerian keunikan-keunikan dan kekhasan pengungkapan kebahasaan oleh seorang pengarang.

Pemerian terhadap keunikan dan kekhasan itu juga dalam rangka pemahaman dan penafsiran makna yang terdapat dalam karya tersebut. Analisis stilistika dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai bagian studi linguistik. Pada prinsipnya pusat perhatian stilistika adalah gaya bahasa, yaitu cara yang digunakan oleh seseorang untuk mengutarakan maksudnya dengan menggunakan bahasa sebagai sarananya. Hal ini cukup beralasan jika penulis melakukan telaah linguistik dalam rangka menemukan dan memerikan keunikankeunikan dan kekhasan pemakaian bahasa novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata. Selain itu, telaah linguistik di sini juga untuk mengetahui kekhususan aspek morfologis dan sintaksis yang digunakan Andrea Hirata dalam karyanya serta mengetahui pemakaian gaya bahasa figuratif yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi. Bertolak dari pemaparan di atas maka penulis melakukan penelitian dengan judul Analisis Stilistika Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

 

B. Rumusan Masalah

1. Bagaimanakah keunikan pemilihan dan pemakaian kosakata dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata?

2. Bagaimanakah kekhususan aspek morfologis dan sintaksis dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata?

3. Bagaimanakah pemakaian gaya bahasa figuratuif yang meliputi:

(1) idiom

(2) arti kiasan

(3) konotasi

(4) metafora

(5) metonimia

(6) simile

(7) personifikasi

(8) hiperbola

yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

1. Mendeskripsikan keunikan pemilihan dan pemakaian kosakata dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

2. Mendeskripsikan kekhususan aspek morfologis dan sintaksis dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

3. Mendeskripsikan pemakaian gaya bahasa figuratuif yang meliputi:

(1) idiom

(2) arti kiasan

(3) konotasi

(4) metafora

(5) metonimia

(6) simile

(7) personifikasi

(8) hiperbola

yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata.

 

D. Simpulan

1. Keunikan atau kekhasan pemakaian bahasa pada novel Laskar Pelangi dilatarbelakangi oleh faktor sosial budaya dan pendidikan penulis yang diungkapkan melalui deskripsi ceritanya.

2. Kekhususan aspek morfologis dalam novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata yaitu pada penggunaan afiksasi pada leksikon bahasa Jawa dan bahasa Inggris, dan reduplikasi dalam leksikon bahasa Jawa.

3. Pemakaian gaya bahasa figuratif pada novel Laskar Pelangi membuat pengungkapan maksud menjadi lebih mengesankan, lebih hidup, lebih jelas dan lebih menarik.

 

E. Saran

Kajian stilistika terhadap novel sangat penting peranannya pada kemajuan studi stilistika di Indonesia khususnya di Program Pascasarjana. Studi stilistika ini mampu menemukan perihal kebahasaan, dan kesusastraan sebagai objeknya. Terkait dengan kajian stilistika ini maka ada beberapa saran untuk pembaca dan penelitian selanjutnya sebagai berikut.