Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Proses Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Surakarta

Judul Skripsi : Analisis Proses Pembelajaran Matematika di SMA Negeri Surakarta (Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta)

 

A. Latar Belakang

karakteristik pembelajaran yang diharapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam proses pembelajaran di SMA, sebagai berikut:

  1. Menyediakan pengalaman belajar dengan mengkaitkan pengetahuan yang telah dimiliki siswa.
  2. Menyediakan berbagai alternatif pengalaman belajar (penyelesaian soal dengan berbagai cara).
  3. Mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi realistik dan relevan dengan melibatkan pengalaman kongkrit dan mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari (Contextual Teaching and Learning).
  4. Mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya interaksi dan kerjasama dengan orang lain atau lingkungannya.
  5. Memanfaatkan berbagai media sehingga pembelajaran efektif.
  6. Melibatkan siswa secara emosional dan sosial sehingga pembelajaran matematika menjadi menarik dan menyenangkan. Pembelajaran siswa SMA di Surakarta masih ada yang belum mencapai tujuan tersebut. Salah satu penyebabnya adalah ketidaktepatan pendekatan pembelajaran yang digunakan guru. Banyak guru masih menggunakan pembelajaran konvesional yang berorientasi pada tahap pembukaan, penyajian, dan penutup (Mulyati, 2009).

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Bagaimanakah proses pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta?
  2. Apakah SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning)?
  3. Apakah pembelajaran matematika yang diberikan di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah sesuai dengan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning)?
  4. Apakah pembelajaran matematika yang diberikan di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah sesuai dengan pembelajaran konstruktivistik?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta.
  2. Untuk mengetahui apakah SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning).
  3. Untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika yang diberikan di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah sesuai dengan pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning).
  4. Untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika yang diberikan di kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah sesuai dengan pembelajaran konstruktivistik.

 

C. Kesimpulan

  1. Proses pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah berlangsung dengan baik. Sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran yakni perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dan tindak lanjut.
  2. Guru kelas X SMA Negeri 1 Surakarta dan Guru kelas X SMA Negeri 4 Surakarta sudah berusaha melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa (Student Centered Learning), tetapi hasilnya masih belum sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta sudah terlaksana tetapi belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan.
  4. Pembelajaran konstruktivistik di SMA Negeri 1 Surakarta dan SMA Negeri 4 Surakarta belum berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dalam proses pembelajaran matematika, guru matematika kelas X SMA Negeri 1 Surakarta guru matematika kelas X SMA Negeri 4 Surakarta masih menekankan pada hasil akhir bukan pada proses. Dalam mengerjakan soal siswa masih mengacu pada rumus yang sudah diberikan oleh guru.

Incoming search terms: