Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Bidan dan Motivasi masuk Program Studi Kebidanan

Judul Skripsi : Analisis Persepsi Mahasiswa tentang Profesi Bidan dan Motivasi Masuk Program Studi DIII Kebidanan dengan Prestasi Belajar Konsep Kebidanan di Stikes A Yani Yogyakarta

 

A. Latar Belakang Masalah

Berdasarkan studi pendahuluan yang peneliti lakukan di STIKES A Yani Yogyakarta pada mahasiswa semester I Angkatan 2009, hasil wawancara dengan 10 mahasiswa diperoleh data mengenai motivasi masuk STIKES A Yani Yogyakarta yaitu, 5 mahasiswa dengan alasan dorongan orang tua, 3 mahasiswa dengan motivasi pribadi, dan 2 mahasiswa karena saran teman. Berdasarkan data yang peneliti peroleh dari Bagian Adminstrasi Akademik, nilai rata-rata mahasiswa untuk mata ajar Konsep Kebidanan adalah 2,5. Nilai ini bisa dikategorikan cukup.

Mengetahui pentingnya penguasaan kompetensi mata ajar Konsep Kebidanan tersebut, maka peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang motivasi dan persepsi mahasiswa dalam proses pembelajaran pada mata kuliah Konsep Kebidanan di Program Studi D III Kebidanan STIKES A Yani Yogyakarta.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah adalah

”Bagaimana persepsi mahasiswa tentang profesi bidan dan motivasi masuk program studi DIII Kebidanan dengan prestasi belajar Konsep Kebidanan di STIKES A Yani Yogyakarta?”.

 

C. Tujuan Penelitian

1. Tujuan Umum :

Untuk mengetahui motivasi dan persepsi mahasiswa tentang profesi bidan dengan kaitannya prestasi mata ajar Konsep Kebidanan di Prodi D III Kebidanan Di STIKES A. Yani Yogyakarta.

2. Tujuan khusus :

  • Untuk mengetahui persepsi mahasiwa terhadap profesi kebidanan.
  • Untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa masuk ke Program. Studi D III Kebidanan.
  • Untuk mengetahui prestasi belajar mahasiwa pada mata ajar Konsep Kebidanan di Program Studi D III Kebidanan STIKES A Yani Yogyakarta.
  • Untuk mengetahui bagaimana motivasi dan persepsi dapat mempengaruhi prestasi mata ajar Konsep Kebidanan.

 

D. Kesimpulan

1. Pendapat mahasiswa STIKES A Yani Yogyakarta terhadap profesi bidan mereka mengatakan bahwa bidan itu adalah profesi yang mulia. Menurut pendapat mahasiswa bidan menolong nyawa ibu dan bayi.

2. Menurut pendapat mahasiswa STIKES A Yani Yogyakarta mereka motivasi masuk tinggi yang berasal dari diri sendiri.

3. Pada umumnya Prestasi belajar mata kuliah Konsep Kebidanan mahasiswa sebagian besar B dan C, sebagian kecil D mencapai skor rata-rata nilai 2,76 dengan beban SKS 4 dan mata kuliah wajib pada semester I.

4. Menurut pendapat mahasiswa STIKES A Yani Yogyakarta secara umum persepsi yang baik dengan motivasi yang tinggi memiliki prestasi belajar yang baik dan sebaliknya. Tetapi ditemukan beberapa mahasiswa dengan persepsi biasa dan motivasi rendah memiliki nilai yang bagus.

 

E. Saran

1. Bagi institusi

Dalam melihat motivasi mahasiswa dan persepsinya terhadap profesi, sebaiknya saat pelaksanan penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa diberi angket tentang motivasi dan persepsi terhadap profesi kebidanan.

2. Bagi mahasiswa

Diharapkan mahasiswa meningkatkan motivasinya terhadap program studi kebidanan dengan cara meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya tentang profesi bidan karena motivasi adalah ujung tombak dalam pelaksanan sebagai bidan yang profesional.

3. Bagi dosen

Sebaiknya dosen pengajar mampu menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di kampus dengan cara memberikan penghargaan terhadap mahasiswa yang berprestais, melakukan evaluasi melalui ujian, memberikan pujian reinforcement, menggali minat mahasiswa, mengetahui tujuan mahasiswa masuk Program Studi DIII Kebidanan.