Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Perilaku Konsumen dlm Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio

Judul Skripsi : Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio di Kota Surakarta

A. Latar Belakang Skripsi

Sikap biasanya memberikan penilaian (menerima atau menolak) terhadap obyek atau produk yang dihadapinya. Untuk menganalisis sikap konsumen dalam pembelian produk sepeda motor Yamaha Mio, dibutuhkan informasi yang berupa sikap, keyakinan, evaluasi, norma subjektif, referen spesifik, motivasi dan minat konsumen serta faktor yang membentuk dan mempengaruhinya. Faktor-faktor tersebut adalah sikap dan norma subjektif terhadap atribut sepeda motor Yamaha Mio. Atribut tersebut adalah harga beli, harga jual, kualitas mesin, kualitas bahan, keiritan, desain, warna, ruang bagasi, suku cadang, layanan purna jual, kemudahan penggunaan, dan bobot. Perusahaan dapat mengetahui sejauh mana sikap dan norma subjektif konsumen berpengaruh terhadap minat membeli sepeda motor Yamaha Mio serta perbedaan sikap dan norma subjektif konsumen berdasarkan karakteristik konsumen yaitu gender, usia, penghasilan.

Melalui penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai sejauh mana sikap, keyakinan, evaluasi, norma subjektif, referen spesifik, motivasi dan minat konsumen terhadap produk sepeda motor Yamaha Mio terutama di Surakarta. Hal ini dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menetapkan strategi pemasaran selanjutnya bagi perusahaan yang bersangkutan

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah sikap dan norma subjektif berpengaruh terhadap minat beli sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta?
  2. Apakah sikap berpengaruh terhadap minat beli produk sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta?
  3. Apakah norma subjektif berpengaruh terhadap minat beli produk sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta?

 

C. Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui pengaruh sikap dan norma subjektif terhadap minat pembelian sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta.
  2. Untuk mengetahui pengaruh sikap terhadap minat membeli produk sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta.
  3. Untuk mengetahui pengaruh norma subjektif terhadap minat membeli produk sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta.

 

D. Kesimpulan

1. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap dan norma subjektif terhadap minat membeli sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta secara serentak.

2. Terdapat pengaruh yang signifikan antara sikap terhadap minat membeli sepeda motor Yamaha Mio masyarakat di Surakarta.

3. Berdasarkan hasil uji t, diketahui nilai koefisien beta dan nilai thitung sikap lebih besar dari pada norma subjektif yang berarti bahwa sikap lebih dominan berpengaruh terhadap minat dibanding norma subjektif.

4. Dari hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0, 264 ini menunjukkan bahwa variabel sikap dan norma subjektif mempunyai kontribusi pengaruh terhadap variabel minat sebesar 26,4%. Sedangkan sisanya sebesar 73,6% mendapat kontribusi dari variabel lain yang tidak penulis teliti.

5. Konsumen berminat membeli sepeda motor Yamaha Mio karena telah mempertimbangkan atribut harga beli, harga jual, kualitas, bahan sepeda, keiritan, desain, mesin, warna, ruang bagasi, suku cadang, layanan purna jual, kemudahan penggunaan, dan bobot sepeda motor Yamaha Mio.

6. Kecenderungan konsumen berperilaku atau menuruti anjuran sesuai dengan orang yang dianggapnya penting yaitu orang tua, keluarga dan teman yang yakin terhadap atribut harga beli, harga jual, kualitas, bahan sepeda, keiritan, desain, mesin, warna, ruang bagasi, suku cadang, layanan purna jual, kemudahan penggunaan, dan bobot sepeda motor Yamaha Mio.