Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Perencanaan Program Komunikasi Pemasaran Visit Lombok Sumbawa

Judul Skripsi : Analisis Perencanaan Program Komunikasi Pemasaran Visit Lombok Sumbawa 2012 (Studi Deskriptif Kualitatif pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat)

 

A. Latar Belakang

NTB tengah bersiap menjadi daerah tujuan wisata utama yang berdaya saing internasional, dengan target 1 juta wisatawan nusantara dan mancanegara melalui program Visit Lombok Sumbawa 2012. Jika selama ini yang dijual hanya potensi wisata Lombok, kini dua pulau menawan di NTB ini mendapat perhatian sama. Pemerintah Provinsi NTB juga mendorong wisatawan yang berkunjung ke NTB agar berkunjung juga ke bagian timur NTB yakni Sumbawa. Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, L. Gita Aryadi, minimal ada empat alasan yang menjadi dasar dipilihnya tahun 2012, yakni saat itu Bandara Internasional Lombok (BIL) di Lombok Tengah sudah beroperasi, resort Emaar sudah terealisasi, situasi ekonomi global sudah pulih, dan situasi politik mendingin

Keseriusan pemerintah NTB dalam persiapan menuju Visit Lombok Sumbawa 2012 dapat diperlihatkan dengan tindakan yang nyata melalui perencanaan program komunikasi yang tepat dan efektif. Hal ini juga harus didukung dengan komunikasi dan koordinasi yang cepat dan terencana dari berbagai pihak seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu sendiri, instansiinstansi terkait lainnya, para pelaku pariwisata termasuk juga seluruh komponen masyarakat. Oleh karena itu, peneliti bermaksud untuk meneliti bagaimana perencanaan program komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB dalam rangka mempersiapkan program Visit Lombok Sumbawa 2012.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimanakah tahap-tahap perencanaan program komunikasi pemasaran Visit Lombok Sumbawa 2012?
  2. Siapa saja yang terlibat dalam perencanaan program komunikasi pemasaran Visit Lombok Sumbawa 2012?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

  1. Untuk mengetahui tahap-tahap dalam perencanaan program komunikasi pemasaran Visit Lombok Sumbawa 2012.
  2. Untuk mengetahui pihak yang terlibat dalam perencanaan program komunikasi pemasaran Visit Lombok Sumbawa 2012.

 

D. Kesimpulan

1. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB memiliki langkah terobosan dengan mencanangkan program Visit Lombok Sumbawa 2012. Dalam merencanakan program komunikasi pemasarannya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB melakukan kajian kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, mengidentifikasi semua peluang dan hambatan atau ancaman yang dihadapi serta mempertimbangkan kemampuan anggaran yang terbatas.

2. Visit Lombok Sumbawa 2012 merupakan bagian dari program Visit Indonesia Year. Untuk menyukseskan program unggulan pariwisata NTB ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi NTB membuat perencanaan program komunikasi pemasaran serta melakukan promosi dengan sungguh-sungguh.

3. Perencanaan program komunikasi pemasaran Visit Lombok Sumbawa 2012 masuk dalam kategori perencanaan dengan sistem gabungan dari tipe top down dan bottom up. Tipe bottom up karena dilihat dari kewenangan dan inisiatif utama dalam perencanaan itu berada pada institusi yang lebih rendah yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat dimana institusi perencana pada level yang lebih tinggi (Departemen Kebudayaan dan Pariwisata RI) mendukung rencana tersebut. Sedangkan tipe top down karena program Visit Lombok Sumbawa 2012 merupakan bagian dari program pemerintah pusat yaitu Visit Indonesia Year, sehingga terdapat benang merahnya. Selain itu Program-program Disbudpar NTB sudah baku dari Depbudpar RI, dan Disbudpar NTB bertanggung jawab menurut kebijakan serta mekanisme anggaran. Namun demikian hal ini bukan berarti mematikan inisiatif daerah/ provinsi dalam menentukan atau merumuskan program-program komunikasi pemasaran.