Analisis Pengelolaan Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 2 Demak

Judul Skripsi : Analisis Pengelolaan Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 2 Demak

 

A. Latar Belakang Masalah

SMA Negeri 2 Demak, merupakan Sekolah Ketegori Mandiri (SKM) yang saat ini dipersiapkan untuk Rintisan Sekolah Berstandart Internasional (RSBI) telah dilengkapi dengan media pembelajaran multimedia, sehingga setiap guru diharapkan dapat menggunakan media pebelajaran multimedia untuk membantu proses pembelajaran. Dikarenakan adanya perbedaan pembekalan yang dimiliki oleh guru, khususnya guru yang senior dan yunior, maka tidak semua guru menyambut baik multimedia tersebut, bahka beberapa guru hal tersebut merepotkan bagi guru.

Kenyataan tersebut di atas mendorong peneliti untuk melakukan penelitian tentang penggunaan multimedia di SMA Negeri 2 Demak dalam usaha meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya dalam pembelajaran IPA.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana penggunaan multimedia oleh guru IPA yunior dan Senior di SMA Netgeri 2 Demak?
  2. Bagaimana perencanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 2 Demak?
  3. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 2 Demak?
  4. Faktor apa yang menjadi hambatan dan cara mengatasi dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 2 Demak?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

  1. Untuk mengetahui penggunaan multimedia oleh guru IPA yunior dan Senior di SMA Netgeri 2 Demak.
  2. Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 2 Demak.
  3. Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 2 Demak.
  4. Untuk mengetahui Faktor yang menjadi hambatan dan mengatasi dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA Negeri 2 Demak.

 

D. Simpulan

1. Penggunaan multimedia oleh guru IPA yunior dan senior di SMA Negeri 1 mempunyai karakteristik yang berbeda, guru senior lebih cenderung kurang tertarik dengan penggunaan multimedia, bagi guru senior multimedia dianggapnya hal baru yang sebelumnya belum pernah dipelajari. Keengganan guru senior untuk tidak menggunakan multimedia disebabkan oleh kurangnya pengetahuan guru senior dalam mengoperasikan komputer. Bagi guru yunior multimedia merupakan media pembelajaran sangat membantu, sehingga guru yunior lebih menyukai multimedia untuk pembelajaran IPA.

2. Perencanaan pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA Negeri 2 Demak, guru melakukan dua perencanaan yaitu perencanaan pembelajaran, dan perencanaan sarana dan prasarana. Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru yunior disusun dalam bentuk RPP dengan media pembelajaran multimedia, sedangkan perencanaan sarana dan prasarana dilakukan oleh guru berupa perencanaan perangkat keras dan perangkat lunak, perencanaan perangkat keras berupa laptop, LCD layar display. Perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru senior khususnya dalam hal penggunaan media pembelajaran, guru senior cenderung merencanakan media pembelajaran selain multimedia antara lain menggunakan OHP, dan gambar-gambar.

3. Pelaksanaan Pembelajaran IPA dengan Media Pembelajaran Multimedia di SMA Negeri 2 Demak yang dilakukan oleh guru yunior maupun guru senior dilakukan dalam tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan akhir dengan memperhatikan berbagai aspek. Pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia yang dilakukan di SMA Negeri 2 Demak dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan.