Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Pendidikan Kritis dlm Penanggulangan Kemiskinan

Judul Skripsi : Analisis Pendidikan Kritis dalam Penanggulangan Kemiskinan Studi Kasus Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga

 

A. Latar Belakang

Selama ini yang terjadi adalah betapa proses pembangunan selalu tidak memberikan peluang kepada masyarakat untuk ikut lerlibat dalam kegiatannya, mulai dari pengambilan keputusan, perencanaan, pelaksanaan, sampai pada monitoring dan evaluasi. Masyarakat tidak dianggap sebagai manusia yang seutuhnya, yaitu manusia yang punya perasaan, pikiran dan kemampuan. Model pembangunan yang selama ini berjalan jauh dari apa yang disebut pembangunan partisipatif, semua berasal dari pemerintah/penguasa dengan model top down, yang tidak pernah memberikan kesempatan masyarakat untuk terlibat dan belajar dalam proses pembangunan itu sendiri. Untuk itu pemerintah mengubah model pembangunannya dengan pendekatan bottom up planing yaitu model pembangunan yang partisipatif yang memberikan peluang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk ikut terlibat dalam setiap tahapan prosesnya.

Salah satu dari program tersebut adalah Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) di mana program ini selain menggunakan pendekatan ekonomi juga salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan model pendidikan kritis. Setiap tahapan kegiatan P2KP memberikan peluang kepada seluruh masyarakat untuk ikut terlibat dan belajar dalam rangka mengupayakan penyelesaikan persoalan kemiskinan di wilayah kelurahannya.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang sudah diutarakan di atas , permasalahan dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Bagaimana kondisi dan karakteristik (context) kelurahan Tegalrejo khususnya dalam memahami model-model pelaksanaan program/pembangunan?
  2. Bagaimana (input), apa sajakah dukungan yang disampaikan dalam pelaksanaan pendidikan kritis (siklus P2KP) di kelurahan Tegalrejo?
  3. Bagaimana kegiatan atau implementasi (process) siklus P2KP sebagai proses pendidikan kritis dilaksanakan di kelurahan Tegalrejo?
  4. Bagaimana hasil yang dicapai (product) dari siklus P2KP melalui proses pendidikan kritis di kelurahan Tegalrejo?

 

C. Tujuan Penelitian Skripsi

Penelitian ini akan mengarahkan kajiannya secara teliti dengan tujuan :

  1. Memahami dan mendeskripsikan kondisi, karakteristik dan kebutuhan masyarakat (context) kelurahan Tegalrejo khususnya dalam memahami model-model pelaksanaan program/pembangunan?
  2. Memahami dan mendeskripsikan Masukan (input) apa sajakah dukungan yang disampaikan dalam pelaksanaan pendidikan kritis (siklus P2KP) di kelurahan Tegalrejo?
  3. Memahami dan mendeskripsikan kegiatan atau implementasi (process) siklus P2KP sebagai proses pendidikan kritis dilaksanakan di kelurahan Tegalrejo?
  4. Memahami dan mendeskripsikan hasil yang dicapai (product) dari siklus P2KP melalui proses pendidikan kritis di kelurahan Tegalrejo?

 

D. Simpulan

Pelaksanaan Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP) di Kelurahan Tegalrejo, Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga telah mewarnai dinamika pembangunan khusunya dalam penanggulangan kemiskinan di kelurahan menjadi lebih realistis sesuai dengan masalah dan potensi yang memiliki karakteristik berupa pertanian lahan kering dan masyarakat perkotaan, Sebagai wilayah perkotaan, kelurahan Tegalrejo masih bergelut dengan berbagai permasalahan seperti lingkungan yang tidak tertata rapi, lapangan pekerjaan yang masih terbatas, penanganan hasil produksi rumah tangga sampai ke pemasaran yang belum optimal. Terbatasnya ketrampilan, terbatasnya pengusaha kecil terhadap akses kredit dan belum optimalnya fungsi kelembagaan ekonomi dan sosial yang ada di kelurahan. Yang tidak kalah penting adalah pola pikir terhadap hakhak dan tanggungjawabnya dalam proses pembangunan. Disisi lain individualisme yang merupakan ciri masyarakat perkotaan sudah mulai menguat yang pada akhirnya memberikan andil terhadap kualitas partisipasi dalam proses pendidikan kritis.