Analisis Kontribusi Pajak Hotel dan Restoran Terhadap PAD Kabupaten Ngawi

Judul Skripsi : Analisis Kontribusi Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ngawi

 

A. Latar Belakang Skripsi

Pajak Hotel dan Restoran menurut Peraturan Pemerintah No 65 tahun 2001 mempunyai pengertian sebagai berikut:

  1. Hotel adalah bangunan yang khusus disediakan bagi orang untuk dapat menginap/istirahat, memperoleh pelayanan, dan fasilitas lainnya dengan dipungut bayaran, termasuk bangunan lainnya yang menyatu, dikelola dan dimiliki oleh pihak yang sama, kecuali untuk pertokoan dan perkantoran.
  2. Restoran adalah tempat menyantap makanan minuman yang disediakan dengan dipungut bayaran, tidak termasuk usaha jasa boga dan katering.

Untuk itu pemerintah perlu berupaya meningkatkan penerimaan pajak Hotel dan Restoran, agar penerimaan pemerintah terus meningkat sehingga dapat mempelancar pembangunan. Untuk mencapai ini pemerintah harus melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam bidang keuangan daerah yang dikelola secara efektif dan efesien. Dengan dasar pertimbangan ini, maka Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi sebagai pelaksana pemerintahan di daerah secara aktif melakukan upaya pengembangan sumber-sumber pendapatan daerah yang salah satunya adalah pajak Hotel dan Restoran. Berdasarkan pemikiran dan keadaan tersebut, mendorong dilakukannya penelitian tentang “Analisis Kontribusi Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Ngawi “. Periode penelitian ini adalah tahun 2003 – 2010.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Seberapa besar kontribusi Pajak Hotel dan Restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Ngawi?
  2. Bagaimana efektifitas penerimaan pajak Hotel dan Restoran di Kabupaten Ngawi?
  3. Seberapa besar pengaruh jumlah wisatawan, jumlah hotel dan restoran terhadap pajak hotel dan restoran di Kabupaten Ngawi?

 

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui besarnya kontribusi pajak hotel dan restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kabupaten Ngawi.
  2. Untuk mengetahui efektifitas penerimaan pajak hotel dan restoran di Kabupaten Ngawi.
  3. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh jumlah wisatawan, jumlah hotel dan restoran terhadap pajak hotel dan restoran di Kabupaten Ngawi.

 

D. Kesimpulan

Hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukkan hal-hal sebagaiberikut:

1. Dari hasil analisis kontribusi penerimaan pajak hotel dan restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Ngawi tahun anggaran 2003 – 2010 positip bertambah. Dengan kecenderungan mengalami kenaikan tiap tahunnya, dengan tingkat rata – rata pertahun 1,51 % .

2. Tingkat efektifitas pajak hotel dan restoran di Kabupaten Ngawi pada tahun 2003 – 2010 sangat efektif . Dengan melihat rata – rata efektifitas pajak hotel dan restoran Kabupaten Ngawi yang melebihi 100 % atau rata – rata sebesar 118,47 % setiap tahunnya, hal ini menunjukkan bahwa kinerja dalam pemungutan pajak hotel dan restoran di Kabupaten Ngawi sangat efektif.

 

E. Saran

1. Kontribusi pajak hotel dan restoran sudah bertambah sehingga harus dipertahankan dan kalau bisa semakin di tingkatkan agar kontribusi pajak hotel dan restoran terhadap Pendapatan Asli Daerah semakin besar dengan cara lebih mengintensifkan pemungutan Pajak Hotel dan Restoran,meningkatkan SDM pemunggut dan pembinaan kepada wajib pajak.

2. Efektifitas Pajak Hotel dan Restoran sudah bagus dan perlu dipertahankan. Terutama data jumlah hotel dan reatoran untuk diperbaruhi tiap tahunnya serta peningkatan intensifikasi pajak daerah guna menambah penerimaan Pendapatan Asli Daerah.