Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Kontribusi dan Proyeksi Jenis-Jenis Pajak Daerah di Kabupaten Ngawi

Judul Skripsi : Analisis Kontribusi dan Proyeksi Jenis-Jenis Pajak Daerah di Kabupaten Ngawi

 

A. Latar Belakang Masalah

Pemungutan pajak sebagai salah satu pajak daerah yang merupakan pajak yang sangat menguntungkan bagi negara, sebab pemasukan sangat besar. Peningkatan penerimaan pajak daerah dari tahun ke tahun di upayakan untuk dapat meningkat terus.hal tersebut dilakukan oleh aparat kantor pelayanan pajak. Menurut Undang – Undang Dasar 1945 pasal 23 Ayat 2 bahwa pemungutan pajak dilakukan terhadap semua warga Negara tanpa terkecuali. Pelaksanaan pemungutan pajak yang baik di perlukan adanya partisipasi aktif dari segala pihak baik aparat pemungutan maupun aparat lainya. Pendapatan Asli Daerah dapat dianggap sumber penerimaan daerahyang paling tepat dari semua sumber penerimaan daerah. Dalam pelaksanaannya bagian terbesar dari penerimaan pajak berasal dari banyaknya jumlah wajib pajak yang pembayar pajak yang dipungut oleh pemerintah.

Permasalahan dalam peningkatan pembiayaan keuangan daerah yang bersumber dari pendapatan asli daerah juga di hadapi oleh kabupaten ngawi, untuk itu penelitian kali ini di laksanakan di kabupaten Ngawi dengan fokus penelitian tentang pertumbuhan pajak daerah serta proyeksinya untuk masa mendatang.

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

Berdasarkan latar belakang di atas, maka permasalahan yang dapat penulis rumuskan pada penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah pertumbuhan jenis-jenis pajak daerah di Kabupaten Ngawi tahun 2005-2010?
  2. Bagaimanakah kontribusi jenis-jenis pajak daerah terhadap penerimaan total pajak daerah di Kabupaten Ngawi tahun 2005-2010?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah :

  1. Untuk mengetahui pertumbuhan jenis-jenis pajak daerah di Kabupaten Ngawi tahun 2005-2010.
  2. Untuk mengetahui kontribusi jenis-jenis pajak daerah di Kabupaten Ngawi tahun 2005-2010.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah :Pertumbuhan jenis-jenis pajak daerah di Kabupaten Ngawi periode tahun 2005 -2010 adalah sebagai berikut :

Pajak Hotel

Jenis pajak hotel ini mengalami pertumbuhan yang fluktuatif dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2010. Peningkatan tertinggi terjadi pada tahun 2007 yaitu sebesar 76,61% dibandingkan tahun sebelumnya.

Pajak Restoran

Jenis pajak ini juga mengalami pertumbuhan yang fluktuatif, setelah terjadi peningkatan tertinggi pada tahun 2008 yaitu sebesar 43,01%. Pada tahun berikutnya terjadi penurunan sebesar 5,48%. Oleh karenanya pemerintah daerah Kabupaten Ngawi melakukan upaya peningkatan penerimaan jenis pajak restoran ini sehingga pada tahun 2010 terjadi peningkatan sebesar 17,57%.

 

E. Saran

Saran yang dapat penulis berikan pada hasil penelitian ini adalah :

1. Realisasi penerimaan pajak daerah yang fluktuatif menunjukkan kurang stabilnya pendapatan dari sektor pajak. Oleh karena itu perlu dilakukan langkah-langkah perbaikan agar pendapatan pajak daerah dari semua jenis pajak mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Salah satu upaya yang dapat di lakukan adalah menggali potensi pajak daerah yang belum tersentuh selama ini. Petugas sebaiknya mendatangi wajib pajak sehingga dapat diketahui secara pasti jumlah pajak yang harus di bayarkan. Misalnya pajak restoran, dengan begitu banyaknya rumah makan yang bermunculan di wilayah Kabupaten Ngawi tentu belum semua wajib pajak membayar pajaknya.

2. Kontribusi pajak daerah yang sangat tidak berimbang sebaiknya ditindaklanjuti dengan mengintensifkan peningkatan pada jenis pajak yang kontribusinya kurang. Hal ini dapat berakibat pada peningkatan kontribusi pajak daerah terhadap pendapatan asli daerah Kabupaten Ngawi.