Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Kinerja Dan Klasifikasi Pajak Reklame Di Surakarta

Latar Belakang Kinerja-Klasifikasi Pajak Reklame 

APBD kota Surakarta mengalami peningkatan yang cukup signifikan hal tersebut didukung dengan kemajuan pertumbuhan ekonomi di kota Surakarta yang cukup bagus. Dengan adanya berbagai kegiatan baik yang bersifat nasional maupun yang bersifat internasional mulai diadakan di kota Surakarta. Hal tersebut akan memicu pertumbuhan ekonomi di kota Surakarta. Pajak daerah yang masih bisa dikembangkan di kota Surakarta adalah Pajak Reklame.

Potensi Pajak Reklame di kota Surakarta sangatlah besar mengingat banyak sekali titik reklame di kota Surakarta. Titik reklame di Surakarta ada sekitar 5838 titik. Pembayaran titik reklame tersebut dihitung secara tahunan hal tersebut berarti setiap wajib pajak hanya setahun sekali membayar pajak reklame. Wajib pajak tersebut tidak semuanya melakukan pembayaran pajak reklame. Pembayaran wajib pajak secara langsung datang ke kantor DPPKAD. Wajib pajak yang tidak tertib akan diberi surat pemberitahuan dari kantor DPPKAD. Pembayaran wajib pajak reklame sangat mudah dikalukan di kontar DPPKAD tidak begitu banyak antrian karena para wajib pajak hanya setahun sekali membayar pajaknya.

Rumusan Masalah

  1. Bagaimana Kinerja Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011 yang meliputi :
  2. Bagaimana tingkat pertumbuhan Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011
  3. Bagaimana kontribusi Pajak Reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011
  4. Bagaimana klasifikasi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011

Tujuan Penelitian

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011 yang meliputi :

  1. Untuk mengetahui tingkat pertumbuhan Pajak Reklame di kota kota Surakarta tahun 2005 -2011
  2. Untuk mengetahui kontribusi Pajak Reklame di kota Surakarta tahun 2005 – 2011

Kesimpulan

Kesimpulan yang dapat diambil setelah melakukan analisa dan pembahasan diatas adalah sebagai berikut :

  1. Kinerja Pajak Reklame.
    • Pertumbuhan Pajak Reklame tidak menunjukan angka yang besar dengan rata rata pertumbuhan 16,12% menunjukan bahwa Pajak Reklame di kota Surakarta tidak tumbuh secara optimal. Daerah kota Surakarta 64% untuk pemukiman dan 15% untuk industri. Daerah pemukiman tersebut sudah banyak sekali yang beralih menjadi tempat industri, sudah banyak toko toko yang didirikan memasang reklame untuk usahanya.
    • Kontribusi rata rata pajak reklame sebesar 3,93% bukan kontribusi yang besar dalam penyumbangaannya terhadap PAD. Pengoptimalan penyerapan pajak reklame sangat diperlukan untuk meningkatkan kontribusi pajak reklame. Kontribusi yang besar dapat mendukung kota Surakarta menuju kota Mandiri.
  2. Klasifikasi Pajak Reklame

Klasifikasi pajak reklame di kota Surakarta dari tahun 2005 – 2011 rata rata prima hal tersebut berarti pajak reklame di kota Surakarta adalah salah satu pajak yang mempunyai potensi dalam menyumbang PAD kota Surakarta.

Saran

Berdasarkan kesimpulan diatas, dapat diajukan beberapa saran kepada pemerintah kota Surakarta, dalam rangka untuk meningkatkan penerimaan dari pajak reklame, diantaranya

  1. Pajak reklame di kota Surakarta masih dapat ditingkatkan lagi walaupun tidak begitu banyak space yang dapat digunakan tetapi pengoptimalan pemungutan pajak reklame masih bisa diharapkan untuk mendukung kontribusi pajak reklame terhadap PAD.
  2. Penertiban para wajib pajak dengan sangsi yang lebih tegas ataupun denda yang besar ataupun dengan ancaman penutupan space reklame.