Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisis Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Ngawi

 

A. Latar Belakang  Masalah

Pengeluaran pembiayaan Anggaran Pembangunan Belanja Daerah di kabupaten Ngawi sebagai upaya peningkatan kesejahteraan rakyat. Pembiayaan tersebut berupa pengeluaran pemerintah daerah baik rutin maupun pembangunan. Peningkatan pengeluaran pemerintah diharapkan kemampuan dalam menciptakan sarana dan prasarana pembangunan yang meningkat dan pada akhirnya akan mendorong aggregate demand juga akan meningkat, sehingga dapat merangsang kegiatan produksi daerah, yang selanjutnya dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi.

Pengeluaran pemerintah daerah terdiri dari pengeluaran rutin dan pengeluaran pembangunan. Pada umumnya, baik pengeluaran pembangunan maupun pengeluaran rutin selalu mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan semakin meningkatnya kebutuhan untuk pembangunan di daerah tersebut. Namun pertumbuhan pengeluaran pemerintah baik pengeluaran pembangunan maupun pengeluaran rutin mengalami pertumbuhan yang berbeda. Pengeluaran pemerintah merupakan salah satu objek penelitian yang banyak menarik minat dari para peneliti, hal ini tercermin dari banyaknya teori teori yang membahas dan mengkaji tentang pengaruh pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi. Penelitian tentang sejauhmana pengaruh pengeluaran pemerintah terhadap pertumbuhan ekonomi telah banyak dilakukan baik secara internasional maupun nasional bahkan regional, berdasarkan latar belakang dan uraian di atas study ini berjudul : ”Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Ngawi”.

 

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas maka dapat dirumuskan beberapa masalah, yaitu :

  1. Apakah pengeluaran belanja aparatur (belanja tidak langsung) pemerintah daerah berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi?
  2. Apakah pengeluaran belanja pengeluaran pelayanan publik (belanja langsung) pemerintah daerah berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi?
  3. Apakah pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi tahun berjalan di Kabupaten Ngawi?

 

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini secara umum adalah :

  1. Menganalisa pengaruh pengeluaran belanja aparatur (belanja tidak langsung) pemerintah daerah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi.
  2. Menganalisa pengaruh pengeluaran belanja pengeluaran pelayanan publik (belanja langsung) pemerintah daerah terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi.
  3. Menganalisa pengaruh pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya terhadap pertumbuhan ekonomi tahun berjalan di Kabupaten Ngawi.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis dan kajian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Pengeluaran belanja aparatur (belanja tidak langsung) pemerintah daerah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi.
  2. Pengeluaran belanja pengeluaran pelayanan publik (belanja langsung) pemerintah daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ngawi.
  3. Pertumbuhan ekonomi tahun sebelumnya berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi tahun berjalan di Kabupaten Ngawi.

 

E. Saran

Dari hasil analisis yang dilakukan maka saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut :

  1. Pengeluaran belanja aparatur terbukti tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Kabupaten ngawi. Oleh karena itu perlu dikaji efektifitas pemberian Anggaran belanja aparatur ini atau dikurangi untuk dialihkan pada belanja yang lain.
  2. Pengeluaran belanja pengeluaran pelayanan publik terbukti berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Ngawi. Hal ini membuktikan pengeluaran belanja pelayanan publik benar-benar dimanfaatkan oleh publik untuk lebih membangun ekonominya sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Ngawi. Oleh karena itu sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan alokasi anggaran pengeluaran belanja pelayanan publik ini demi terciptanya ekonomi Kabupaten Ngawi yang lebih baik.