Analisis Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Keuntungan Usaha Industri Kecil So’on

Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Industri Kecil So’on di Kabupaten Klaten (Studi Kasus di Desa Manjung Kecamatan Ngawen)

 

A. Latar Belakang Masalah

Dalam perkembangan usaha ekonomi industri kecil khususnya pada sektor industri aneka secara umum masih mengalami kendala, hambatan, dan permasalahan yang dihadapi. Sektor ini telah memberikan nilai tambah yang besar bagi pembangunan masyarakat, jadi kedudukan dan peran masyarakat ekonomi lemah atau masyarakat pelaku usaha industri kecil perlu terus diperkuat agar lebih berkembang secara mandiri.Perkembangan industri kecil di Kabupaten Klaten cukup mempunyai peranan yang strategis, baik dalam aspek pemerataan kesempatan berusaha, penyebaran lokasi usaha, maupun pemerataan kesempatan kerja, sehingga mampu mendukung pembangunan ekonomi daerah. Industri kecil harus terus diberdayakan agar dapat menjadi usaha yang tangguh dan mandiri serta dapat berkembang menjadi usaha menengah dan pada saatnya dapat memperkokoh struktur ekonomi nasional.

Penelitian ini akan mencari, menemukan, mengklasifikasikan dan menganalisis secara mendalam mengenai keberadaan industri kecil diKabupaten Klaten dan selain itu juga akan dicari tentang peran, prospek dan masalah serta manfaatnya bagi kehidupan para pengusaha industri kecil khususnya dan masyarakat pada umumnya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mencari solusi yang riil bagi industri kecil dalam rangka pengembangan usahanya. Untuk itu, perlu diketemukan dan dirumuskan alternatif-alternatif cara mengatasinya.

 

B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah dan pembatasan masalah serta untuk mengarah kepada tujuan penelitian, maka penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :

  1. Bagaimanakah pengaruh tenaga kerja terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung
  2. Bagaimanakah pengaruh modal usaha terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung

 

C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan fakta empiris mengenai perkembangan industri kecil yang produktif dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini juga ingin mengeketahui sebarapa besar kesuksesan dari usaha industri kecil sebagai salah satu usaha yang tetap produktif dan padat karya dapat tumbuh dan berkembang.

 

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Upah tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keuntungan bersih industri kecil so’on. Pengaruh variabel ini terhadap keuntungan bersih adalah signifikan. Setiap ada penambahan upah tenaga kerja sebesar Rp.1,- akan mengurangi keuntungan bersih industri kecil sebesar Rp.0,956120,-
  2. Biaya pemasaran berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keuntungan bersih industri kecil so’on di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Jadi setiap ada penambahan biaya pemasaran sebesar Rp.1,- maka keuntungan bersih industri kecil so’on akan berkurang sebesar Rp…0,950885,-.

 

E. Saran

1. Pengusaha Industri Kecil So’on :

Sesuai dengan kesimpulan di atas, maka upaya yang harus dilakukan oleh pengusaha industri kecil so’on di Desa Manjung ialah untuk tetap menjalankan produksinya dan pemasarannya sesuai dengan sekarang ini, akan tetapi perlu untuk diperhatikan beberapa hal yang dapat memberikan nilai tambah industrinya yaitu seperti penambahan modal usaha.

2. Pemerintah atau instansi terkait:

Hendaknya selalu berusaha untuk memberdayakan usaha industria kecil agar dapat memperkuat struktur ekonomi nasional khususnya masyarakat Kabupaten Klaten, perbanyaklah turun kelapangan memonitoring agar benar-benar mengetahui keadaan yang sebenarnya terjadi di masyarakat bawah.