Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Analisa Keuntungan Peternak Penggaduh Sapi Pembibitan Gaduhan

Latar Belakang Masalah Peternak Penggaduh Sapi Bibitan

Pembangunan bidang peternakan dihadapkan pada berbagai faktor internal maupun eksternal yang semakin kompleks. Permintaan akan bahan pangan asal ternak, pakan dan bahan baku industri semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk. Tantangan yang dihadapi Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo semakin komplek seiring dengan kondisi perekonomian yang belum kondusif dalam pengembangan peternakan yang menimpa hampir seluruh wilayah Indonesia. Hal ini berpengaruh terhadap populasi dan ketersediaan produk asal hewan dan pola usaha bidang peternakan di Kabupaten Sukoharjo.

Peternak  Sapi Bibitan

Peternak Sapi Bibitan

 

Dalam menyikapi permasalahan di atas, upaya peningkatan produksi dan produktivitas ternak dilaksanakan dengan meningkatkan efisiensi usaha dan meningkatkan ketrampilan, sumber daya manusia melalui penerapan teknologi tepat guna yang spesifik, pelatihan dan pembinaan di kelompok/peternak, pemberdayaan kelompok ternak, peningkatan pelayanan kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner serta menjalin kerjasama dengan stake holder yang berkompeten di bidang Peternakan dengan pola kemitraan, gaduhan maupun kerjasama.

Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut dengan memperhatikan potensi dan sumber daya manusia di kabupaten Sukoharjo bidang peternakan untuk meningkatkan Keuntungan dan kesejahteraan peternak penggaduh maka dapat di rumuskan sebagai berikut :

  1. Apakah usaha ternak sapi gaduhan pembibitan secara finansial menguntungkan bagi peternak penggaduh ?
  2. Apakah ada perbedaan keuntungan dalam penerapan tehnologi Inseminasi Buatan (IB) dan kawin alam ?
  3. Berapa besar pengaruh harga input terhadap keuntungan peternak penggaduh sapi pembibitan gaduhan

Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui:

  1. Mengetahui apakah usaha ternak sapi pembibitan secara finansial menguntungkan bagi peternak penggaduh sapi gaduhan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo
  2. Mengetahui perbedaan keuntungan bagi penggaduh yang menerapkan tehnologi Inseminasi Buatan (IB) dengan kawin alami.
  3. Mengetahui besarnya pengaruh faktor input terhadap keuntungan peternak penggaduh pada usaha ternak sapi pembibitan gaduhan pada Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Hasil penelitian menunjukan bahwa Usaha Gaduhan Ternak Sapi Pembibitan Gaduhan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo secara finansial menguntungkan, baik yang menerapkan teknologi IB maupun yang tidak menerapkan teknologi IB.
  2. Keuntungan peternak sapi potong yang menggunakan teknologi Inseminasi Buatan (IB) lebih tinggi dibanding peternak yang tidak menggunakan teknologi IB.
  3. Secara individu variabel nilai induk pertahun, biaya pakan, dan pajak terbukti berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha ternak sapi potong. Sedangkan biaya insimenasi buatan, dan biaya obat-obatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keuntungan usaha ternak sapi potong.