Hubungi Kami di WA 08-951-951-3333

Alternatif Penambahan Suplemen Hayati – Pertumbuhan Lobster

Judul Skripsi : Alternatif Penambahan Suplemen Hayati untuk Meningkatkan Pertumbuhan Udang Lobster Air Tawar (Cherax Quadricarinatus)

 

A. Latar Belakang Masalah

Pakan hayati menjadi alternatif pilihan sebab memiliki beberapa kelebihan: lebih mudah diperoleh dalam jumlah cukup, tepat waktu dan berkesinambungan lebih tahan lama, minimal selama satu musim pemeliharan, kandungan gizinya dapat diatur disesuaikan dengan kebutuhan, bentuk dan ukuran pakan dapat disesuaikan dengan kebutuhan lobster, daya tahannya di dalam air dapat disesuaikan dengan kebiasaan lobster makan, bau dan rasa dapat di atur sehingga akan tampil menarik dan diminati.

Mengingat pakan hayati memiliki beberapa kelebihan selain mudah diperoleh harganyapun lebih murah jika dibandingkan dengan pakan pabrikan yang sangat tinggi harganya dan sulit diperoleh maka penelitian ini sangat perlu dilakuakan sekaligus merupakan suatu alternatif untuk mengurangi penggunaan pakan pabrik dan dapat menekan biaya produksi.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah tentang pakan hayati untuk meningkatkan laju pertumbuhan lobster lobster maka permasalahan yang dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Apakah ada perbedaan pertumbuhan lobster air tawar stadia postlarva (PL) 60 yang diberi pakan pabrik saja dengan pakan pabrik yang dicampur dengan suplemen hayati?
  2. Bagaimana komposisi suplemen hayati untuk meningkatkan pertumbuhan lobster air tawar pada stadia postlarva (PL) 60?
  3. Apakah ada korelasi antara pertumbuhan panjang cephalothorax dengan abdomen dan antara berat dengan panjang total lobster air tawar stadia post larva (PL) 60 yang mengalami pertumbuhan?

 

C. Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian tentang penambahan pakan hayati untuk meningkatkan pertumbuhan lobster air tawar adalah:

  1. Untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan lobster air tawar stadia post larva (PL) 60 yang diberi pakan pabrik saja dengan pakan pabrik yang dicampur suplemen hayati.
  2. Untuk mengetahui komposisi suplemen hayati optimum untuk pertumbuhan lobster air tawar stadia postlarva (PL) 60.
  3. Untuk mengetahui korelasi antara pertumbuhan cephalothorax dengan abdomen dan antara panjang total dan berat lobster air tawar stadia post larva(PL)60 yang mengalami pertumbuhan?

 

D. Kesimpulan

Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut :

1. Penggunaan 3 macam suplemen hayati dengan komposisi perbandingan 1: 3 (1 untuk suplemen, 3 untuk pakan pabrik) mempunyai pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) pada masa pemeliharaan selama 3 bulan mulai dari PL 60, tetapi cenderung lebih baik dibanding dengan pakan pabrik saja.

2. Komposisi suplemen hayati dengan kadar protein 13,34%, 10,7%, 13,58% memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan Cherax quadricarinatus PL(60)

3. Terdapat korelasi yang sangat erat antara cephalothorax dengan abdomen, dan antara panjang total dengan berat lobster.

 

E. Saran

Informasi tentang pembuatan pakan tambahan pada budidaya lobster air tawar masih harus terus digali sehingga terkumpul infomasi yang lengkap agar produktivitas lobster terus meningkat. Oleh karena itu penelitian tentang pembuatan pakan tambahan perlu ditindak lanjuti, antara lain:

1. Dengan memanfaatkan bahan-bahan pakan yang selama ini belum pernah digunakan, mudah diperoleh untuk dapat dipergunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan pakan tambahan.

2. Penelitian ini perlu dikembangkan lebih lanjut agar para peternak lobster air tawar (Cherax quadricarinatus) lebih mandiri terhadap ketergantungan penggunaan pakan parikan.